Home

#1 TELESKOP SERIES: Bagian-Bagian Teleskop

Nah, ini bagian pertama dari rangkaian drama #TELESKOP SERIES, semoga bermanfaat..

1.  Tabung teleskop

Sistem optik pada teleskop ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:

-  Tabung optik utama (VMC 200L)

Merupakan tempat terletaknya cermin utama dengan diameter 8 inci. Walaupun ada penutup tabung tetapi karena tidak ada kaca pelindung di bagian atas tabung maka cermin dapat terkontaminasi hal apa pun dengan sangat mudah, oleh karena itu tabung optik harus diperlakukan secara hati-hati. Sebagai pengaman ada penutup tabung teleskop. Pada bagian belakang tabung terdapat visual back untuk memasang flip mirror atau diagonal. Flip mirror dapat digunakan untuk dua situasi yaitu straight-thru viewing  dimana eyepiece dipasang lurus terhadap tabung dan right-angled viewing dimana eyepiece dipasang dengan sudut 90    terhadap tabung.  Kedua situasi  ini dapat dilihat secara bergantian dengan cara memutar kenop di bagian samping flip mirror.  Panjang fokus dapat diatur dengan menggunakan kenop pengatur fokus yang berada di bawah visual back.

-  Finderscope

Finderscope adalah teleskop kecil yang terpasang pada tabung utama. Finderscope terpasang pada tabung melalui attachment finder. Posisi finderscope dapat diubah-ubah bergantung keperluan.  Hal ini dapat dilakukan dengan mengendurkan dan mengencangkan kembali  sekrup pengunci  finderscope.  Biasanya pengubahan posisi finderscope hanya dilakukan ketika perlu melakukan alignment antara finderscope dan tabung utama.

-  Eyepiece

Eyepiece berfungsi sebagai lensa okuler pada sistem teleskop ini. Eyepiece dipasang pada ujung tabung melalui  flip mirror atau diagonal. Agar posisi eyepiece aman terdapat sekrup pengunci eyepiece pada flip mirror dan diagonal. Kita harus memastikan bahwa pengunci eyepiece telah dipasang dengan kencang sebelum menggunakan teleskop. Hal ini perlu dilakukan agar eyepiece tidak jatuh selama pemakaian.  Ada lima jenis eyepiece yang dapat digunakan dengan teleskop Vixen ini.  Jenis eyepiece yang tersedia diberikan secara rinci pada sub-bagian peralatan lain

2.  Mounting

Mounting  Sphinx  merupakan sistem penggerak utama pada teleskop ini.  Tabung utama dipasang pada bagian atas mounting dengan bantuan dua buah sekrup pengunci tabung, yaitu sekrup pengunci utama dan sekrup pengaman.

Secara rinci bagian-bagian yang ada pada mounting adalah sebagai berikut:

-  Klem dan kenop pengatur lintang/altitude

Mounting biasanya telah diatur dengan sudut ~6 yang sesuai dengan koordinat lintang setempat (Bandung). Jika perlu mengubah sudut lintang maka klem  pengatur harus dikendurkan terlebih dahulu, kemudian ketinggian lintang dapat diatur dengan memutar kenop pengatur. Klem pengatur harus dikencangkan kembali setelah pengubahan selesai dilakukan.

-  Tutup sumbu polar (polar cap)

Bagian ini merupakan tempat polar scope yang berfungsi untuk melihat arah utara-selatan

-  Skala ketinggian lintang

Menunjukkan posisi lintang pengamat

-  Klem deklinasi dan sudut jam

Kedua klem ini digunakan ketika mengubah posisi teleskop pada arah deklinasi dan RA.

-  Pemberat arah sudut jam (counterweight HA)

Berguna sebagai penyeimbang  pada arah sudut jam,  terpasang pada  batang pemberat (counterweight bar). Untuk teleskop Vixen ini digunakan dua buah pemberat dan masing-masing memiliki kenop  pengunci.  Agar pemberat aman terpasang ada sekrup pengaman pemberat  di ujung batang pemberat.  Untuk keamanan saat pemakaian teleskop mohon diingat untuk memastikan kenop dan sekrup telah terkunci dengan baik.

-  Port koneksi

Di bagian port koneksi terdapat port koneksi AC, port koneksi Star Book dan saklar power untuk menyalakan teleskop

-  Klem pengunci sambungan mounting dengan half-pillar

3.  Half-pillar

Fungsi half-pillar adalah untuk menaikkan posisi mounting agar instrumen yang terpasang pada tabung teleskop dan tiang pemberat  tidak terbentur tripod ketika teleskop digunakan.  Alat ini dipasang antara tripod dan mounting. Pada bagian dalam atas half-pillar terdapat pengunci utama untuk menjaga sambungan dengan mounting agar tidak bergeser. Selain  itu pada bagian atas half-pillar terdapat silinder kuningan yang berguna sebagai tempat pengunci dari klem pengunci half-pillar pada mounting.

4.  Tripod

Tripod merupakan fondasi paling bawah dari sistem teleskop, oleh sebab itu harus dipastikan agar tripod ini berdiri kokoh sebelum memasang bagian yang lain di atas tripod.  Tripod terhubung dengan half-pillar melalui dua buah klem pengunci, yaitu yang ada pada bagian bawah half-pillar dan pengunci pada bagian bawah tripod.

5.  Star Book

Teleskop dapat digerakkan secara otomatis melalui Star Book jika power-nya telah dinyalakan. Star book terhubung ke teleskop melalui kabel yang dipasang ke port koneksi. Penggunaan Star book dapat dilihat pada bagian pengoperasian teleskop.

6.  Peralatan lain

Perlengkapan teleskop Vixen berupa adapter AC beserta kabel untuk menghubungkan teleskop dengan sumber AC.  Selain itu ada satu buah koper perlengkapan yang berisi eyepiece dengan berbagai panjang fokus, diagonal, kotak baterai dan obeng serta kunci heksa. Eyepiece yang tersedia untuk teleskop ini adalah eyepiece dengan diameter lensa 5 mm, 9 mm, 15 mm, 20 mm, 25 mm dan 40 mm.

….to be continued Insya Allah, untuk #TELESKOP SERIES yang lain…

About these ads

5 thoughts on “#1 TELESKOP SERIES:Bagian-Bagian Teleskop

  1. assalamualaikum…. saya mohon ijin untuk mengutip dan mgnkopi…… ilmu ini sangat saya perlukan untuk praktikum dan tugas….. jika diperbolehkan saya mohon kontaknya…. biar bisa saling komunikasi…… terima kasih… saya maftukin. mahasisiwa Falak IAIN Walisongo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s