Home

Alhamdulillah…insya Allah ini merupakan seri ke-2 dari #TELESKOP SERIES kita..^^ Semoga bermanfaat…


Pada prinsipnya, pemasangan teleskop dilakukan dalam beberapa bagian secara bertahap…yakni       ;

  Tahap pertama adalah memasang tripod. Yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah lokasi pemasangannya. Carilah lokasi yang datar, bersih, dan stabil agar teleskop dapat berdiri dengan stabil.  Kemudian rentangkan kaki-kaki tripod hingga maksimal. Bila lokasi kurang datar, atur ketinggian ketiga kaki tripod (setelah mounting terpasang dan arahnya sudah benar) agar posisinya menjadi datar.

  Tahap kedua adalah memasang mounting teleskop. Sebelum memasang mounting, pasang dahulu bagian half-pillar yang tersedia sebagai bagian dari mounting teleskop. Perhatikan letak sekrup pengunci yang  terdapat pada bagian bawah. Setelah half-pillar terkunci dengan pas dan kuat, pasang juga batangan berwarna emas pendek, yang berfungsi sebagai tempat pengunci mounting, pada tempat yang telah disediakan di bagian atas half-pillar. Pasang mounting tepat di  atas half-pillar. Perhatikan letak-letak sekrup penguncinya, bila sudah pas, kencangkan sekrup-sekrup pengunci agar mounting terkunci.  Kemudian arahkan (bila belum benar) mounting pada orientasi arah yang benar.

  Tahap ketiga adalah memasang pemberat. Setelah mounting terpasang dengan benar, turunkan batang pemberat yang sudah menjadi satu dengan mounting. Kencangkan klem yang mengunci batang pemberat. Lepaskan stopper dari ujung batang, pasang pemberat dan kencangkan sekrup penguncinya (tidak perlu melepaskan sekrup pengunci pemberat ketika memasang, menggeser, maupun melepasnya, cukup kendurkan saja), pasang kembali stopper.  (Jangan sampai stopper ini hilang)

  Setelah pemberat terpasang, tahap selanjutnya adalah memasang tabung teleskop. Terlebih dahulu periksa klem pengunci arah (klem HA dan DEC) pada mounting, pastikan semua klem pada posisi mengunci. Pasang tabung teleskop, perhatikan letak  lapisan  besi pada bagian yang akan dipasangkan pada mounting (Bagian yang memiliki lapisan besi merupakan bagian yang terkena sekrup pengunci dari mounting). Kencangkan sekrup pengunci (yang besar) terlebih dahulu, kemudian kencangkan sekrup pengaman (yang kecil) (ketika melepaskan, lepaskan sekrup pengaman terlebih dahulu). Kemudian periksa kembali sekrup  pengunci dan pengamannya apakah masih kurang kencang atau sudah cukup kencang. Pasang pula  finder scope  pada tempat yang sudah tersedia pada tabung teleskop. Jangan lupa periksa baut-bautnya. Kemudian lepaskan penutup tabung teleskop dan penutup finder scope, dan simpan dengan baik.

  Pasangkan instrumen pada okuler (eyepiece / diagonal / flip-mirror / dll.) dengan kencang. Jika eyepiece memiliki penutup, lepaskanlah terlebih dahulu dan simpan penutupnya dengan baik.

  Tahap selanjutnya adalah memeriksa keseimbangan teleskop. Periksa keseimbangan teleskop (balancing). Pertama-tama cek keseimbangan pada arah pergerakan HA. Buka klem HA (klem Dec tetap terkunci) dan pelan-pelan gulingkan teleskop sehingga mencapai HA ~0h

(HATIHATI! Harap pengguna berjaga-jaga menangkap teleskop jika tiba-tiba terjungkir).

Setelah mencapai HA ~0h, rasakan apakah bagian tabung teleskop dan bagian pemberat sudah imbang. Jika belum, atur keseimbangan dengan terlebih dahulu mengunci klem HA dan kemudian menggeser pemberat. Uji kembali keseimbangan dengan membuka klem HA dan “menimbang-nimbang” berat tabung terhadap pemberat. Teleskop dikatakan seimbang dalam arah HA jika tidak berat sebelah antara bagian tabung dengan bagian pemberat. Kemudian periksa juga keseimbangan pada  arah pergerakan Dec. Setelah teleskop seimbang dalam arah HA, posisikan pada HA = 0h lalu kunci klem HA. Bersiaplah menahan tabung teleskop jika tiba tiba terjungkir dengan menahan tabung pada posisi yang kuat, tetapi pasif (tidak menggerakkan tabung, hanya berjaga-jaga untuk menangkap). Kemudian bukalah klem Dec sambil tetap menahan teleskop. Jika tabung terjungkir ke depan, mundurkanlah, dan sebaliknya jika terjungkir ke belakang maka geserlah tabung ke depan. Menggeser tabung dilakukan dengan cara menegakkan kembali teleskop pada posisi awal, lalu mengendurkan kedua sekrup tabung-mounting sambil tetap bersiaga menahan teleskop, dan selanjutnya menggeser tabung maju atau mundur. Uji kembali keseimbangan pada arah ini. Teleskop dikatakan seimbang dalam arah Dec jika tidak berat sebelah antara bagian depan tabung dan belakang. Setelah teleskop seimbang, arahkan pada posisi home.

  Tahap terakhir adalah pasang power supply  dan star book, posisikan teleskop pada posisi istirahat,  dan  kemudian  hidupkan teleskop  dengan menekan  tombol power pada mounting.  Tahap pemasangan teleskop telah selesai. Perhatian : sebelum memasang kabel power yang telah dialiri listrik atau mengalirkan listrik ke teleskop, pastikan tombol power pada mounting berada dalam keadaan off.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s