Home

Sulit sekali rasanya berpisah dengan orang-orang yang kita kasihi. Kalaupun boleh meminta, saya pasti meminta untuk selalu bersama mereka,mengerjakan pekerjaan bersama, makan bersama, tidur berjejer-jejer bersama, sholat bersama. Kalaupun boleh meminta…

Tapi keadaan sama sekali lain. Bagaimanapun, menuntut ilmu adalah tugas yang jauh lebih mulia. Dan, kadang menuntut ilmu itu tidak selamanya harus berada di “kandang” sendiri, kadang kita harus pergi, jauh, meninggalkan semua kesenangan dan kebahagiaan bersama orang-orang yang kita cintai, ke tempat lain, ketempat ilmu itu berada. Ya, untuk menjemput fajar kemenangan kecerdasan yang gilang-gemilang.

Menuntut ilmu kemana saja, kemana yang kita mau. Saya jadi teringat kata-kata teman saya sewaktu SMA, yang memberikan dorongan luar biasa bagi kami (saya dan teman2), untuk mengukir sebuah prestasi : Go where you want to go, do what you want to do, be what you want to be. Coz you have only one life and one chance to do all the things you want to do. Ehm..iya. pergi kemanapun yang kita mau, lakukan apapun yang kita inginkan, dan jadilah apapun yang kita impikan, selama masih ada kesempatan, selama masih ada peluang, selama masih ada umur. Hidup Cuma satu kali, jadikan ianya penuh manfaat dan terlaksananya cita-cita. Sebuah kalimat keramat, menurut saya.

Dalam perjalanan itu pun, kita akan bertemu dengan orang-orang yang beraneka macam jenis dan pemikirannya. Jelas, disini terdapat banyak perbedaan pemikiran. Dan, sedikit banyak saya sudah merasakan itu. Tapi, bukankah perbedaan adalah sesuatu yang niscaya? Niscaya ada, hanya bagaimana kita menyikapinya.

Pun, kita akan menemui banyak peristiwa yang kadang membuat kita menangis haru, sedih, tertawa, bahagia, kecewa… semuanya. Semua itu akan dirasakan. That’s life!! Cinta, benci, simpati, dongkol, semuanya…

Kadang saya merasa aneh merenungi tiap jejak yang pernah dilewati. SMP menjadi anak “nakal”, membolos, tak pernah belajar, pokonya gak baik lah. SMA menjadi “si bolang”, aktif dimanapun berada, moving-moving menjelajahi tempat-tempat baru di Nusantara. Menghabiskan waktu SMA untuk belajar lebih banyak diluar kurikulum SMA, namun mendapatkan pelajaran yang jauh-jauh lebih bermakna. Bahkan mungkin yang sedang saya lakukan sekarang, saya merasa aneh. Berdiskusi tentang psikologi anak dengan orang-orang yang sama sekali belum pernah mengenal sebelumnya, membuat komitmen dengan orang yang saya tidaktahu sama sekali tentang tekad dan kejujurannya, sebatas tahu mereka orang pinter, dan mengajak untuk mengerjakan suatu proyek bersama. Mungkin bukan kemenangan yang sedang saya cari sekarang. Sekedar ikut berpartisipasi dalam kompetisi, sekadar mengenal mereka, dan mengamati pemikirannya. Justru itulah pelajaran berharga yang saya dapatkan. Hm..hanya berharap mereka tidak kecewa mengajak saya bergabung.

Detik ini pun, menulis hal gek jelas seperti ini, di sudut kamar kos.. merasa berada di dunia yang sama sekali lain dari kebanyakan orang. Bukan terasing, tapi lebih tepatnya menganggap apa yang saya lakukan sekarang, bumi yang sedang saya pijak saat ini, langit yang menaungi di atas saya, diri saya sendiri, adalah central of universe. Sedangkan orang lain yang berada diluar lingkar ini,siapapun dia, hanyalah potongan-potongan kisah dan tokoh-tokoh pembantu dalam film kehidupan saya.

Hmm..sebuah gagasan yang aneh memang. Keluaran dari pemikiran orang yang aneh. Tapi bagaimanapun anehnya saya, saya punya tekad yang kuat. Tekad menaklukkan keganasan alam, keangkuhan gunung, keindahan langit, dan hamparan bumi yang sangat kompleks ini. Saya ingin menaklukannya dalam sisa umur saya. Sisa berapa, saya tidak tahu. Berusaha melakukan yang terbaik dari apa-apa yang telah saya rencanakan dan saya tulis dalam life mapping saya, menemukan potongan-potongan bagian dari diri ini yang masih terseok di berbagai belahan bumi, menemukan kisah hidup dan cinta yang sesunggauhnya….AGAR BERGEMA DALAM KEABADIAN.

Leave a Reply

