Home

Kau sungguh luas…

kata-kata pertama yang muncul di benak pikiranku saat naik ke loteng diatas teleskop Zeiss di observatorium Bosscha, Bandung.  Disana jelas-jelas tertulis “PENGUNJUNG DILARANG NAIK KE LANTAI TELESKOP ZEISS”. Wuits..saya tidak naik boy..saya  manjat dari samping. Bukan hanya ke lantai tempat teleskop bertengger, tapi saya dan teman-teman yang kacau itu naik ke loteng (you know??). Ini nih buktinya..we take some pictures :

Ini nih Raja Zeiss, foto asli karya temenku (dia yg ada kamera)

Teleskop ganda Zeiss 60 cm ini berada pada satu-satunya gedung kubah di Observatorium Bosscha yang telah menjadi landmark Bandung utara selama lebih dari 85 tahun. Raja Zeiss merupakan teleskop terbesar dan tertua yang ada di Observatorium Bosscha dan di 2011 ini genap berusia 83 tahun.

Dari Official Websitenya Bosscha ( http://bosscha.itb.ac.id/ ) :

Teleskop ini merupakan jenis refraktor (menggunakan lensa) dan terdiri dari 2 teleskop utama dan 1 teleskop pencari (finder). Diameter teleskop utama adalah 60 cm dengan panjang fokus hampir 11 m, dan teleskop pencari berdiameter 40 cm. Medan pandang teleskop pencari adalah 1,5 derajat atau sekitar 3 kali diameter citra bulan purnama. Medan pandang langit yang luas ini memudahkan untuk mengidentifikasi bintang yang hendak diamati, dibandingkan dengan citra bintang di langit melalui peta bintang. Teleskop ini dapat mengamati bintang-bintang yang jauh lebih lemah, kurang lebih 100000 kali lebih lemah dari bintang yang dapat dilihat oleh mata telanjang.

keren kan??

Hmm..are u brave enaugh..untuk manjat dan menikmati “lebarnya dia”??

4 thoughts on “Kau Sungguh Luaaaaas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s