Home

Aku bercermin, merapihkan jilbab yang kupakai. Melihat bayangan diri beberapa saat, kemudian tersenyum. Senyum yang tak pernah dipaksakan. Senyum yang biasa saja.

Aku membuka serangkaian foto diri. Menemukanku berangkul bersama kawan –kawan seperjuangan. Kulihat dalam-dalam. Dan aku menemukan hal itu lagi: sebuah seringai bahagia penuh tawa.

Aku mendengarkan cerita seorang sahabat. Kududuk didepannya dan menggenggam tangannya. Kulihat sejenak kedalam matanya. Lalu kudapati bayangan yang sama : potret diriku.

Rabb..setiapkali kulihat bayangan diri ini, selalu saja teringat pada dirinya. Senyumku, mataku, hidungku, pipiku, bahkan kilas tatap mataku sama seperti dirinya. Sungguh sama, sungguh sama.

Aku selalu teringat wajahnya, senyumnya, tatap matanya. Sungguh sama.

Setiap menatap diri, serasa menatap dirinya. Dia yang telah pergi jauh, lama, dan tak mungkin kembali. Dialah seorang kakak ideologis. Semangatnya, optimisnya, harum namanya, tetap semerbak di belantara hati.

Dia yang pergi tanpa sempat kumengucapkan satupun kata perpisahan, atau sebuah pesan. Dia yang pergi saat belum kumengerti apa arti sebuah rasa cinta. Dia yang pergi sekian lama..sudah sangat lama. Tapi hembus nafasnya masih terasa menghangatkan hati yang menggingil.

Rabb..aku sangat mencintainya. Dia ajarkanku bagaimana menjadi manusia berjiwa besar, bermental tegar, dan berprinsip kekar. Seperti apapun aku merindukannya, dia takkan kembali. Dia takkan datang di teras rumah untuk mendengarkan pertanyaan bodoh dariku.

Rabb..anugrahkan tempat terindah untuknya di surga-Mu. Temani ia dengan bidadari-bidadari surga yang bermata jelita. Jadikan senyumannya abadi disisi-Mu. Sedangkan aku, akan meneruskan apa yang pernah ia mulai.

Rabb.. jadikan kami bertetangga di surga-Mu.

Yogyakarta,17 September 2011

In memoriam : Edi Suratno

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s