Home

Pendahuluan

There has been no major revolution in modern history without intellectuals; conversely there has been no counterrevolutionary movement without intellectuals

(Edward Said, Representation of the intellectuals, New York: Vintage 1994)

Tidak pernah terpikirkan oleh saya ketika pertama kali menginjakkan kaki di bumi teknik UGM bahwa di tahun kedua nanti akan seperti ini. Memegang amanah yang saya rasa berat. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa pekerjaan seorang bendahara umum pastilah sangat ringan, bahkan paling ringan dibandingkan yang lain. Ya, itu juga benar. Namun, bagaimana posisi kita dalam sebuah biduk catur adalah bagaimana kita memposisikan diri kita sendiri, apakah menjadi Pion, Kuda, Ratu, atau apapun tergantung definisi yang kita gunakan. Maka disini, saya mendefinisikan fungsi “Bendahara Umum BEM KMFT UGM” sebagai salah satu wujud pergerkan sosial-intelektual yang merevolusikan pengaturan keuangan Departemen dan BSO BEM KMFT yang merupakan salah satu bagian tidak terpisahkan dari  kinerja Badan Eksekutif Mahasiswa sebagai pergerakan mahasiswa pada khususnya dan generasi muda Indonesia pada umumnya.

BEM KMFT UGM merupakan badan resmi yang mewadahi mahasiswa teknik UGM dalam hal kreatifitas, aspirasi, pengkajian, advokasi, dan lain sebagainya. Ingat, subjek dan objeknya disini adalah mahasiswa teknik, bukan isipol atau hukum. Bukan pula ekonomi. Oleh karena itu, dalam rangka mewujudkan fungsi Bendahara Umum yang saya sebutkan tadi, perlu adanya parameter-parameter yang jelas dan terukur sehingga apa yang saya (dan pengurus BEM lain) cita-citakan dapat dipantau dan dievaluasi oleh masyarakat teknik. Maka, dalam kepengurusan ini selain mendefinisikan fungsi saya juga memiliki target-target dan tujuan. Ada yang tercapai dengan baik, ada yang kurang maksimal, ada pula yang “terbengkalai”. Semuanya bisa kita lihat bersama-sama dalam uraian LPJ singkat ini.

Idealita

Bendahara Umum adalah bagian dari struktur dalam Pengurus Harian di kepengurusan BEM KMFT 2011 yang berada langsung di bawah koordinasi Ketua Umum serta menjalankan fungsi untuk kontrol dan monitoring keuangan BEM dan BSO. Selama masa satu tahun kepengurusan, tugas – tugas bendahara umum diampu oleh satu orang (tanpa staff) seperti tahun-tahun sebelumnya. Pertimbangan awalnya adalah mengingat tugas yang harus dijalankan memang tidak membutuhkan sumber daya yang terlalu besar karena adanya bendahara departemen atau BSO yang mengampu pengelolaan  keuangan masing – masing departemen dan BSO. Namun, pertimbangan ini agaknya perlu dievaluasi kembali.

Bendahara umum memiliki fungsi sebagai pemonitor keuangan Depertemen dan BSO BEM KMFT UGM, dimana seluruh aliran keuangan yang terjadi di tahun kepengurusan 2011 harus berada dibawah kontol Bendahara Umum. Seluruh aliran keuangan disini berarti mulai dari rencana anggaran dana, evaluasi dana per kegiatan, maupun kondisi keuangan internal Departemen dan BSO. Semua itu harus terpantau suka ataupun tidak, dan diijikan ataupun tidak oleh Departemen dan BSO yang bersangkutan. Hal ini dikarenakan perlunya transparansi penggunaan dana kemahasiswaan yang diamanahkan pada lembaga-lembaga mahasiswa yang berada di Fakultas Teknik, yang dalam hal ini berada dibawah komando dari Badan Eksekutif Mahasiswa. Dengan ide tersebut, terbentuklah beberapa program kerja Bendahara Umum BEM KMFT UGM 2011 yang terdapat dalam bab 3.

 

Program Kerja 1 tahun

Program Kerja Bendahara Umum BEM KMFT UGM 2011 hasil dari break down ide-ide diatas adalah sebagai berikut:

1.            Mengadakan Forum SekBend (Sekertaris Bendahara), yang diadakan 1 bulan sekali setiap akhir bulan. Program kerja ini adalah hasil kerja sama antara Sekertaris Umum dan Bendahara Umum dalam rangka mensinergiskan gerak keadministrasian lembaga dibawah BEM KMFT UGM (Departemen dan BSO)

2.            Menerbitkan Evaluasi Dana Per Kegiatan, yang saya targetkan bisa terbit 3 kali dalam 1 tahun masa kepengurusan BEM KMFT 2011, baik dalam bentuk soft copy dan/atau hardcopy.

3.            Mengawal Jalannya RAKER (Rapat Kerja), yaitu musyawarah pembagian dana kemahasiswaan di awal tahun kepengurusan pada lembaga-lembaga mahasiswa dibawah BEM KMFT UGM.

4.            Mengusahakan Penurunan Dana Sisa Tahun Kepengurusan 2010 yang Belum Terambil, yaitu dengan mengadakan musyawarah yang dihadiri oleh ketua-ketua lembaga dibawah BEM KMFT dan Pengurus Harian BEM KMFT UGM serta menegosiasikan hasilnya kepada pihak Kemahasiswaan dan Keuangan Fakultas Teknik.

5.            Menjadi Tempat Konsultasi Keuangan, bagi departemen maupun BSO yang sedang berada dalam masalah keuangan internal maupun yang berhubungan dengan birokrasi.

6.            Melakukan Pembiayaan dan/atau Peminjaman Uang Atas Seizin Ketua Umum, bagi para kader BEM yang dikirim atas nama BEM KMFT UGM dalam berbagai seminar, workshop, training,lomba, dll.

7.            Memberikan dan Bertanggung Jawab terhadap Laporan Keuangan Kepada Pihak yang Berwenang Jika Diperlukan/ Diminta, seperi pada pihak Keuangan Dekanat, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), Ketua Umum, KM/HM, dan lain sebagainya.

Realisasi Pelaksanaan Program

No Proker Waktu Pelaksanaan Realita Keadaan
1 Forum SekBend Maret-November (Setiap akhir bulan) Dilakukan setiap akhir bulan, dengan peserta forum dari Sekertaris Umum dan Bendahara Umum BEM KMFT, Bendahara Departemen dan Biro BEM KMFT, serta Bendahara Umum BSO KMFT. Targetan dari forum ini adalah sebagai pemantau keuangan dan fungsi administratif masing-masing lembaga tersebut. Namun, tidak semua yang diundang datang, bahkan lebih sering banyak yang ijin tidak datang, ada juga yang belum pernah datang sama sekali hingga akhir kepengurusan 2011 selesai. Akhirnya pemantauan dilakukan secara kultural dengan membuat appointment satu per satu dengan para bendahara yang bersangkutan.
2 Penerbitan Evaluasi Dana Rencananya akan diterbitkan 3x dalam masa kepengurusan dalam bentuk soft file maupun hard. Namun, karena terkendala kurang kooperatifnya bendahara depertemen, biro, BSO tadi maka hanya dapat dilaksanakan 2x, yaitu pada bulan xxx (dan bulan desember ini bersamaan dengan LPJ akhir kepengurusan.
3 Pengawalan RAKER Januari- Februari Musyawarah awal kepengurusan ini  berlangsung lumayan “alot” dalam rangka pembagian dana. Peran bendahara adalah sebagai fungsi administratif dan mengurus hal-hal pasca raker pada pihak keuangan dekanat. Hasil Raker dapat dilihat di lampiran I
4 Penurunan Dana Sisa 2010 Februari- Maret Ada 11juta-an dana tahun anggaran 2010 yang belum diambil oleh lembaga mahasiswa tingkat fakultas dikarenakan berbagai alasan. Maka diadakan musyawarah untuk mengaudit dana sisa tahun 2010 serta pelobian pada pihak dekanat. Akhirnya dana sisa ini dapat diambil dan pembagiannya ada pada lampiran II
5 Konsultasi Keuangan Insidental Konsultasi masalah keuangan internal departemen/biro/BSO maupun eksternal yang menyangkut dengan pihak dekanat biasanya dilakukan oleh bendahara lembaga maupun bendahara kepanitiaan. Dalam hal ini Bendahara Umum hanya memberikan rekomendasi dan menghubungkannya pada pihak lain apabila diperlukan.
6 Pembiayaan dan Peminjaman Insidental Bendahara Umum memegang kas BEM secara umum (bukan departemen/biro) dan dapat meminjamkannya/memberikannya kepada pihak yang membutuhkan setelah disepakati oleh Ketua Umum. Dalam tahun 2011 ini terdapat beberapa pembiayaan/peminjaman yang dilakukan, seperti dana Musyawarah Akbar, PERSADA, dll. Kas BEM KMFT dapat dilihat di lampiran III
7 Laporan Keuangan Sesuai kebutuhan Laporan keuangan bisa diminta oleh siapapun apabila membutuhkan. Selama tahun kepengurusan 2011 ini, baru pihak keuangan dekanat yang pernah meminta laporan keuangan BEM KMFT.  Laporan keuangan dalam bentuk Cash Flow ada pada lampiran IV dan dalam bentuk evaluasi dana per kegiatan ada dalam lampiran V

Evaluasi dan Rekomendasi

Dari pemaparan realita pada bab sebelumnya, dapat ditarik beberapa poin evaluasi dan rekomendasi sebagai berikut:

  1. Forum SekBend belum terlalu dianggap penting/ diutamakan oleh bendahara Departemen/Biro/BSO. Padahal, urusan kerapihan administrasi BEM akan menjadi sangat tidak teratur apabila urusan administrasi ini dinomor sekiankan. Oleh karena itu, saya merekomendasikan kepada Bendahara Umum tahun depan untuk bekerja sama dengan Ketua Departemen/Biro/BSO untuk memilih bendahara Departemen/Biro/BSO yang bersedia menyanggupi mentaaati ketertiban keadministrasian BEM
  2. Penerbitan evaluasi dana terkendala pelaksanaannya karena kerjasama yang kurang baik antara Bendahara Umum dengan bendahara Departemen/Biro/BSO. Alasannya kembali lagi ke point ke-1, sehingga apabila point ke-1 beres, maka point ke-2 akan berjaan dengan baik.
  3. RAKER berlangsung cukup lama (sekitar 3 pekan sampai dengan uang di ACC) dan dilakukan setelah Ketua BEM terpilih melakukan penyusunan program kerja kegiatan beserta jajaran kabinetnya. Sehingga praktis kegiatan baru dapat berlangsung sekitar tiga bulan setelah pelantikan, dan hal ini menjadi idak efektif karena proses pelobian dengan pihak Dekanat memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, saya rekomendasikan kepada Ketua Umum BEM 2012 terpilih untuk menyingkatkan waktu penyusunan kabinet dan program kerja, sehingga pada bulan januari RAKER organisasi sudah dapat dilaksanakan (dan Bulan Februari dana sudah di ACC)
  4. Pada tahun 2011 ada sebuah pekerjaan tambahan bagi Kabinet BEM KMFT, yaitu mengusahakan penurunan dana program kerja tahun 2010 yang belum terambil sehingga dapat digunakan di kepengurusan 2011. Proses ini menjadi sangat sulit ketika berhadapan dengan pihak Keuangan Dekanat walaupun secara legal sudah disetujui oleh pihak Kemahasiswaan Fakultas Teknik. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila semua program kerja di dalam suatu kepengurusan dilakukan dan dananya diambil di tahun yang sama, sehingga idak mempersulit diri sendiri dan menabah pekerjaan orang lain
  5. Untuk pelaporan keuangan (jika dibutuhkan), konsultasi keuangan, serta pembiayaan dan peminjaman dilakukan sacara insidental sesuai kebutuhan. Bendahara Umum masih terbuka untuk kritik dan saran apapun mengenai hal ini.

Diawal saya sebutkan bahwa pekerjaan Bendahara Umum relative lebih ringan dibandingkan dengan Departemen/Biro, sehingga jika fungsi ini dijalankan oleh satu orang saja sudah cukup. Namun, dengan fungsi yang saya definisikan berbeda dengan tahun-tehun sebelumnya, saya rasa kinerja Bendahara Umum kurang optimal jika dilakukan oleh satu orang untuk mengurus keuangan seluruh Departemen,Biro, dan BSO dibawah BEM KMFT UGM. Rekomendasi saya untuk kepengurusan 2012 adalah:

  1. Bendahara Umum hanya mengampu keuangan Departemen dan Biro di dalam BEM saja, sedangkan pengampuan keuangan BSO dilakukan oleh bendahara MPM, atau
  2. Bendahara Umum tetap mengamp fungsi yang sama namun dibantu oleh satu orang Bendahara 1. Bendahara 1 ini tidak harus mesuk dalam jajaran PH, dan kalau bisa aalah kader BEM angkatan termuda sekaligus sebgai fungsi kaderisasi bendahara.

Penutup

Ada banyak hal yang bisa saya pelajari selama berada di keluarga besar BEM KMFT UGM. Di tahun kepengurusan Mas Dede Miftakhul Anwar (2009) ketika saya dan kawan-kawan 2009 masih baru-barunya berada di BEM, saya belajar mengenai apa yang bisa saya lakukan disini. 2010, ketika dipimpin oleh Mas Iqbal Muharram R, terdapat inspirasi yang tak pernah habis dari kakak-kakak yang ada saat itu, dan menanyakan pada diri sendiri :bagaimana BEM setelah ditinggalkan oleh mereka? Akankah kami sanggup meneruskan apa yang telah mereka perjuangkan?

Kemudian di tahun 2011, saat saya dan teman-teman PH yang lain diminta oleh Mas Fallery untuk membersamai perjalanan di BEM, pertanyaan itu kembali berubah ketika saya menulis kaliamat Penutup sebuah Laporan Pertanggungjawaban di waktu dini hari : Apakah yang saya harapkan diawal sudah saya tunaikan sampai akhir? Apakah ada yang terdzolimi atau tersakiti? Apakah sudah mempersiapkan masa depan yang baik untuk yang akan segera kami tinggalkan?

Sebuah romantisme rasa yang ada mengiringi setiap kepergian. Begitupun ketika saya dan teman-teman PH yang lain akan pergi, setidaknya itu rasa yang saya rasakan. Semoga BEM KMFT UGM 2012 bisa menjadi lebih baik dan mengembalikan peran BEM sesuai dengan fungsi dan tujuan awal kenapa ia didirikan. Masing-masing dari kita kembali mengayunkan langkah perjuangan ke medan tempur-medan tempur yang lain. Insya Allah dengan tekad dan tujuan yang sama kenapa kita rela berlelah-lelah di saat orang lain nyaman tertidur.

                    

SPECIAL THANKS TO …..

Dalam sebuah bukunya, Salim A. Fillah mengatakan bahwa syukur adalah sesuatu yang lebih dalam maknanya dari pada ucapan terimakasih. Jika bersyukur, nikmat yang ada akan ditambahkan dengan luar biasa, namun apabila kufur (kebalikannya) maka diancam dengan sesuatu yang pedih. Maka kepada rekan-rekan, sahabat, teman, keluarga di BEM KMFT UGM, sepertinya ucapan terimakasih saja tidak cukup untuk diucapkan kepada orang-orang hebat seperti kalian. Untuk waktu dan kesempatan yang diberikan, untuk pembelajaran-pembelajaran yang hebat, untuk pengertian-pengertian yang tak pernah habis.. saya ucapkan jazaakumullah khairal jazaa, semoga Allah balas seluruh kebaikan kalian dengan balasan yang berlipat ganda.

Teristimewa untuk  para penghuni setia BEM KMFT UGM 2011..

Ketua Umum, Mas Fallery, terimakasih atas segala bantuan dan pengertiannya selama ini. Mohon maaf apabila saya kurang amanah, menunda-nunda pekerjaan, banyak mengeluh, banyak beralasan, sering ijin. Mohon maaaaaaaaaf sekali. Terimakasih sudah menjadi ketua yang baik untuk kami semua. Tetap saja, kita adalah barisan manusia, bukan barisan malaikat. Masing-masing dari kita punya salah dan lupa. Semoga kekurangan, kesalahan, dan kekurang optimalan yang ada dibawah kepemimpinan Mas Fallery ini bias diperbaiki bersama-sama dan tidak diulangi di tahun-tahun selanjutnya.

SekJend, Mbak Yuana, “partner in crime” yang sebenarnya. Entah kenapa mbak, kalo ingin berbuat “kriminal” bawaannya pengen ngajakin mbak yuana, hehe.  Terimakasih untuk banyak hal yang telah dilakukan, dari memberikan pembelajaran sampai memberikan coklat. Subhanallah, mbak yuana sudah bisa menjadi kakak yang baik untuk kami semua, 2009 yang masih bertahan di BEM. Nah, sekarang kan lagi sibuk penelitian ya? Semoga dimudahkan deh mbak, bisa lulus sesuai target dan ilmunya bermanfaat untuk bangsa.

Menko Eksternal, Mas Bayu, dengan segala kepandaian dan diskusi-diskusinya memperkaya pengetahuan kami. Terimakasih mas Bayu, untuk rekomendasi-rekomendasi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan, untuk kedatangannya di setiap Sikrab Kastrat (walopun sebenarnya sudah terlalu tua sih, hehe), untuk kebaikannya pada kami semua. Mas Bayu sudah menjadi kakak yang baik bagi kami, walaupun sibuk di forum-forum eksternal selalu menyempatkan waktu untuk menyapa kami semua meski hanya lewat sms. Sukses terus yaaa, Mas Bayu.

Menko Internal, Yanuar, terimakasih untuk “guyon-guyon” nya yang mengakrabkan kita semua. Terimakasih untuk bantuannya menyebarkan SMS-SMS terror dari bendum ke ketua BSO, semoga infaq pulsa nya dihitung pahala. Kayaknya tahun depan masih di BEM ya yan?? Semoga bisa membawa BEM ke arah yang lebih baik, bisa njagain adek2, dan menjadi penetral suasana.

SekUm, Oksel, terimakasih sudah menjadi partner kerja yang luar biasa. Kamu satu-satunya orang yang kuingat tanggal lahirnya cel, Oktober Selawe, hehe. Oksel tuh rajin banget, di kuliah, di BEM juga. Saya belajar banyak dari teman yang satu ini. Pokoknya makasih deh.. Semoga sukses dengan kelompok belajar yang baru (namanya masih KSR2N kah?), TN butuh orang seperti kamu.

KaBiro KRT, Fan-Fin-Fun…Fanny yang selalu fun.. (kalo lagi fun), hehe..terimakasih telah selalu mengingatkan kami semua untuk menjaga sekre tercinta..juga untuk setiap keramahan dan kedisiplinannya. Kamu mengajarkan banyak hal baik fan.. KRT luar biasa powerull dibawah pemerintahanmu. Tetap semangat untuk kedepannya, apapun amanah yang akan diemban nanti. Jangan lupa juga untuk peduli dengan kos-kosan, hehe..

KaBiro PSDM, Aris yang misterius (sampai sekarang saya belum bisa mendefinisikannya), terimakasih untuk ide-ide segarnya, bisa menjadi penetral dan pelurus saat forum PH sudah nggak jelas jalannya kemana (ngobrolnya kemana-mana), dan sistem kaderisasi ang baru untuk kader-kader BEM 2010-2011. Luar biasa deh ris. Semoga selalu sukses!

KaDept Kastat, Didik, terimakasih tetap menerima saya di Kastrat walopun saya cuma ikut seneng-senengnya aja, hehe..ikhlas kan ya dik? Didik ini luar biasa baik dan sabar terhadap anak-anak BEM yang nggak ada habisnya ngejek. Haduh..kenapa mau dianiaya sih dik??hehe😀 Pokoknya Mas Fallery nggak salah deh mempercayakan pengkajian isu-isu strategis pada orang yang satu ini. Sukses terus yaaa!!

KaDept AdvoPro, Mas Aginta, terimakasih untuk diskusi-diskusinya yang menyehatkan (lhoh??!!), hehe. Mas Ginta memang memiliki kemampuan untuk memprovokasi dan melobi orang, cocok banget lah jadi kadept AdvoPro. Semoga semangat dan keahliannya bisa ditularkan ke adik-adik di AdvoPro 2010-2011. Semangat perbaikan!!

KaDept OASE, Taju, teman kelompok teleskop dulu, hehe.. terimakasih banyak Taju atas semua hal yang telah diberikan. Taju adalah orang yang paling polos dan terus terang yang pernah saya temui. Taju bisa membawa suasana tegang menjadi menyenangkan (apalagi waktu dikasih nanas, sangat menyenangkan :p). Sip deh ju, semoga OASE nya semakin sukses, dan kamu bisa meninggalkan warisan terbaik buat anak-anak OASE yang kamu tinggalkan.

KaDept SOSMAS, Wicak, terimakasih sudah menjadi teman yang baik, teman yang memberikan contoh yang baik untuk kami semua. SOSMAS dibawah kepemimpinan Wicak progressif luar biasa, capaian-capaiannya banyak, dan bisa merangkul banyak kalangan. Sukses terus yaa Wicak.

KaDept MIT, MFaqih, PH ter “lucu” yang pernah ada. Terimakasih atas obrolan-obrolan yang membuka wawasan kami semua. Faqih juga salah satu PH yang bisa membawa suasana menjadi cair dan menyenangkan. Pun dengan anak-anak MIT 2011, banyak dari mereka yang cerita “Kalo rapat nggak ada Mas Faqih itu nggak seru mbak..” Tetap semangat Qih, tahun depan masih di BEM kan ya??hehe, jagain BEM dengan baik ya…

KaDept HUMAS, Bebencu, terimakasih atas kunjungan-kunjungan yang menyenangkan dan mengenyangkan (nggak sepenuhnya jujur lho, hehe). Luar biasa deh kerja HUMAS tahun ini. Upupup!! Semoga kerja kerasnya bisa dijaga dan ditingkatkan oleh adik-adik HUMAS 2010-2011. Bentar ini juga salah satu pembuat keributan di forum PH, yang adinya bosen dan ngantuk dijamin seger kembali ketika melihat tingkah anak yang satu ini.

KaDept TD, Aceng, terimakasih atas suntikan dana yang diberikan untuk BEM. Tanpa TD, kas BEM saat ini tinggal menunggu waktu dikuburkan. Tetap semangat ceng, 20% yang tahun ini masih ditunggu lho. Kayaknya TD traktir PH bagus juga lhooo :p

Untuk para Takmir yang luar biasa..Ozy, Ifthor, Reza Harban, Eja, Surya, Mas Gilang, Yanuar TS, Arman, Arip cumi, Faza, (siapa lagi yaa??yang belum kesebut tunjuk tangan..!!) tanpa kalian BEM mungkin tidak seaman yang sekarang. Bagus juga tuh jika budaya takmir ini dilestarikan. Ada kaderisasinya gitu lho.. Hmm,,semoga yang kalian lakukan dihitung sebagai ibadah dan dibalas dengan balasan yang jauh..jauh…lebih baik.

Untuk bendahara Departemen dan Biro,.. Aya, Anti, Bulan, Indri, Binar, Nisa, Desty, Umi, Dani.. terimakasih untuk laporan-laporan keuangannya. Mungkin jika dihitung, dosa saya yang paling banyak ya kepada kalian ini. Sering minta ini-itu, sering marah-marah kalo tidak sesuai deadline, ngaduin ke Kadept,dll. Mohon maaf ya..teman-teman. Sekedap pesan, siapkan pengganti kalian dari sekarang, dikader kalo bisa. Semoga semua peluh dan kerja keras teman-teman sekalian dibalas oleh Allah dengan balasan yang berlipat ganda.

Untuk temen-temen 2010 dengan semangat luar biasa.. Isffa, Sabil, Leben, Adoy, Rere, Meili, Ika, Dani, Ida, Camel, Lani’ah, Riri, Visa, Para Takmir, Para SekBend, dan semua yang belum bisa disebut satu per satu.. terimakasih telah membersamai perjalanan kami 1 tahun ini, dengan banyak inspirasi dan motivasi. Kedepannya, BEM ada di tangan kalian. Create lah sesuatu yang baik untuk keluarga kita tercinta ini, niscaya kebaikan pula yang akan membersamai dan yang akan kalian dapatkan. Semoga lagkahnya, niatnya, dikuatkan untuk berjuang sampai akhir.

Untuk temen-temen 2011 semuanya…mungkin kita belum banyak bertemu dan berinteraksi.. namun kami tahu, kalian dating dengan semangat yang luar biasa. Jaga semangat itu sampai akhir, luruskan niat, dan bekerjalah untuk Indonesia.

Tidak semua nama bisa saya sebutkan disini. Pun dengan ucapan terimakasih.. ada banyak rasa yang tidak bisa dituliskan dalam kata-kata. Semoga yang sedikit ini bisa mewakili apa yang ingin saya ungkapkan : betapa saya ingin berterimakasih yang sedalam dalamnya kepada kalian semua, keluarga besar BEM KMFT UGM 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s