Home

Dear Readers… so sorry, I’m not posting anything for a long time. Such kind of busy in my life..hiks! However, I wanna write about Full Step Schlumberger Selection Process because some of my friends asking me to write this.

Hmm..sebenernya sih, kalo search aja di google dengan keyword “Seleksi Schlumberger” atau “Tahapan Seleksi Schlumberger” pasti deh dijamin hasilnya banyaaaaaaak banget. Sudah ada banyak artikel tentang ini.

Well, I start working in this oilfield company this month. I just came back from my OFS-1 (one of very beginning training in Schlumberger) today, and directly sent to my assign location in Balikpapan, Kalimantan Timur. Jadi sekarang ini saya sedang menghabiskan malam minggu pertama di Balikpapan dengan menulis ini demi kalian.. ukhuk..ukhuuk.. :’)

Oya, sebelum itu saya perlu luruskan dulu bahwa posisi saya disini adalah sebagai Field Engineer (FE). Jadi yang mau saya ceritakan adalah tahapan seleksi FE untuk fresh graduate. Kenapa begitu? Ya karena memang beda tahapan seleksi untuk posisi yang berbeda. Antara Field Engineer (FE) dan Field Specialist (FS) beda..apalagi dengan support function, jelas beda. Begiitupun antara fresh graduate dan experience, juga berbeda.

Seperti yang sudah banyak dibicarakan, seleksi Schlumberger agak cukup panjang. Untuk posisis FE fresh graduate, setidaknya ada 6 tahapan seleksi : Communication skill, technical test, FGD, HRD interview, user interview dan medical checkup. Setelah lolos 6 tahapan seleksi itupun, belum tentu masuk..karna masih ada program exposure lapangan yang dinamakan Field Exposure Program (FEP) selama 1 pekan. Setelah itru, barulah tanda tangan Letter Of Employment (LOE).

Nah, coba kita bahas singkat satu per-satu tahapannya:

  1. Communication skill. Pada tahap ini kita diminta mengambil undian yang isinya pertanyaan, dan diminta untuk menjelaskan/menjawab hal tersebut selama sekitar 3 menit. Yang ngetes kita disini adalah ekspatriat. Ya intinya mereka pengen lihat gimana kita berkomunikasi dan (harus) dapat dipahami oleh orang lain, dalam bahasa inggris. Juga mungkin untuk melihat respon kita dalam menghadapi pertanyaan yang tidak terduga, cara kita menyampaikan opini, gesture tubuh saat berkomunikasi, dsb. Nah, pada tahap ini yang gugur lumayan buanyaaak.. dari 500an orang yang dipanggil tes (waktu itu di UGM), yang lolos dari tahap ini sekitar 100an orang.
  2. Technical test. Kalo ini tes tulis. Soalnya multiple choice, yang berisi soal fisika dasar (mekanika, listrik, dsb), matematika (peluang, deret, dsb), tes irama gambar, apa lagi ya? Ya intinya yang bisa dilogika..nggak perlu belajar dulu, yang penting tenang saat mengerjakan supaya logika  juga beres. Hehe.. yang gugur dari tes ini nggak banyak kok😀
  3. Focus Group Discussion. Nah, kalo ini kita dibagi dalam kelompok2 kecil. Satu kelompok sekitar 7 orang (mungkin tergantung jumlah peserta juga kali yaa). Kita dikasih misi tertentu. Pas aku nih, tugasnya adalah membuat desain rig dengan bahan yang telah disediakan. Kita dikasih waktu untuk berdiskusi dan eksekusi. Yang dilihat dari tes ini adalah (kayaknya lho yaa) bagaimana kita berkelakuan dalam team work. Menyampaikan pendapat, menghargai pendapat orang lain, menyanggah, berpengaruh dalam keputusan tim, tidak terlalu dominan dan tidak terlalu pasif, gaya berkomunikasi, dsb. Saat itu, hanya sekitar 2-3 orang per kelompok yang maju ke tahap berikutnya.
  4.  HRD interview. 3 thapan tes diatas dilakukan dalam 1 hari, dari pagi hingga sore. Sedangkan interview HR dilakukan hari berikutnya, di tempat yang berbeda pula.  Seperti interview2 yang lain, kita diminta untuk menceritakan diri kita, keluarga, visi misi hidup,pengelaman2 hidup,  kenapa ingin kerja di Schlumberger, dsb. Beberapa temen ada yang ditanya tentang technical aspect juga: hokum termodinamika, mekanika, dsb. Tapi saya nggak ditanya teknikal sama sekali. Hehe.. HR yang mewawancarai saya malah lebih banyak bercerita tentang kehidupan kerja di Schlumberger, dan menanyakan kesanggupan saya untuk bekerja dalam situasi yang demikian..
  5. User interview. 5 menit setelah HR interview, saya langsung dipanggil untuk user interview. 1,5 jam saya ngobrol dengan 2 user. Serius ngobrol, nggak ngrasa kalo lagi tes, hehe. Sayang sungguh sayang ternyata belum rejeki di 2 user ini, padahal saya udah ngarep banget karna si abang bule usernya suka naik gunung, jadi tak piker kalo lagi off bolehlah naik gunung bareng :3 akhirnya 1 bulan kemudian saya ditelpon untuk user interview lagi, kali ini di kantor Schlumberger Jakarta. Dan keadaan sungguh sangat berbeda karna saya ditanya hal-hal yang sangat teknis >.< sampai dengan studi kasus menggunakn logika termidinamik. Padahal yaa, kata orang2 user interview Schlumberger bukan pertanyaa2 teknis. Yaaa apa boleh buat, emang nasib saya dapet pertanyaan teknis, plus besok paginya adalah jadwal ujian pendadaran saya. Yeehaaa..
  6. Medical Checkup. Lucu sebenarnya, karna 3 hari setelah user interview saya langsung ditelpon dan mendapat email tentang offering letter, yang isinya outline pekerjaan, career path, sampai dengan gaji dan benefit. Padahal, saat itu saya belum medical checkup. 3 hari setelah offering letter tersebut barulah saya medical ceheckup dan seminggu kemudian saya dinyatakan sehat.

Yup, itulah sekilas cerita bagaimana tahapan saya untuk sampai bekerja di Schlumberger. Ada banyak yang ingin saya ceritakan sebenarnya, tentang budaya kerja, ngapain aja disini, sampai career path. Tapi..tapi.. kapan-kapan lagi deh yaa. Hehe

 

Schlumberger-Revenue-Rises-to-42_15-Bln

Balikpapan, 15 June 2013

PMC Apartment

41 thoughts on “Full Step Schlumberger Selection Process

    • alhamdulillah kalo disini gampang2 saja kalo mau 5 waktu. Yang penting komunikasikan ke crew, minta gantiin sebentar atau gmana gitu kalo emang lagi ngejob. disini kan banyak yg muslim juga, jadi ya biasa aja kalo mau sholat. kalo d offshore kita seringnya malah jama’ah bareng d awal waktu. Kalo lagi di office aja, ya malah biasa aja kaya ditempat lain. no worries!

      Jumatan juga ya tinggal jumatan aja😀

    • Hi Legend..
      soal jadwal off, itu tergantung segment dan lokasi. contoh nih, buat engineer d Balikpapan kita kerja senin-jumat, dan sabtu minggu libur..jadi ya jadwal kerja biasa.
      Tapi di Duri, mereka kerja 3 minggu on 1 minggu off.
      itu buat engineer.

      kalo misal operator/field specialist, biasanya mereka 2 minggu on 2 minggu off. tapi ya itu tadi, beda lokasi beda juga jadwalnya🙂

  1. Mbak minta tipsna untuk bangun rig pas sesi fgd ya, plus cara jawab pertanyaan soal rig yg kita bangun itu😀, soalnya pengalaman test kemarin di tahap ini banyak banget yg gagal. Thank you😀

    • no specific suggestion. nggak dinilai gimana rig nya sih..yang dinilai partisipasi kita dalam kelompok, gimana kita mempengaruhi pendapat kelompok. karna nantinya, waktu kerja dsini itu skill yang kudu banget dipunya.

  2. mbaaak klo kndalanya mslah bhsa inggris gmna mbaak? jujur yaa bhsa inggrisq g okee ney -_-,, tp da lowongan d slb.. pgn nyoba tpi tkuut.. klo krja ngmongnya pk bhsa inggris trz kah?

  3. Kak, saya titi. Mahasiswa teknik geofisika unila yg lagi cari tempat kerja praktek dan berminat untuk KP di sclumberger.
    Saya mau tanya kak ada info buat pengajuan kerja praktek disana. Makasih kak sebelumnya. Salam kenal🙂 ini email saya titisetianingr@gmail.com

    • Halo Titi🙂
      disini biasanya nggak menerima anak KP. yang ada adalah VT (Vacation Trainee). Silakan ikut daftar jika ada pembukaan di universitasmu ya🙂

  4. halo mbak ,, salam kenal, saya nela dari civil engineering,, mau tanya mbak, itu rata-rata yang keterima tes dari kampus mana y mbak ? soalnya pengen banget ikut tapi kena nya diakreditasi kampus, trus juga apa GPA wajib 3 mbak ?

    • Halo Saldanela..salam kenal!
      dari mana-mana aja bisa kok. beragam disini. yang penting masuk kualifikasi.
      kalo GPA saya juga lupa batesannya berapa. heheh..biasanya dikasih tahu kok di requirementnya minta minimal berapa..

  5. haloo.. saya natalia
    saya abis searching2 info soal testnya Slb, mau tanya2 dikit boleeh?
    soal test tahap 1 yg communication itu satu undian ada beberapa pertanyaan ya? mnrt mbak better kl langsung dijawab atau no probs kl pake mikir dulu ya?
    trus, saya jg rada kendala di bahasa nih, pengennya sih nyoba dulu, kalo gagalpun bisa buat better prepare di percobaan lain kali
    tapi ada ga sih nilai negativenya kalo kt pernah gagal trus nyoba di lain ksmpatan? #siapataugitu..
    Thankss

    • satu undian satu pertanyaan aja sih waktu saya dulu. Mikir dulu juga nggak apa2 menurutku asal jangan kelamaan, hehehe..
      ya coba aja dulu. ndak ada blacklist2an. banyak juga kok temen yg nyoba berkali-kali baru deh berhasil😀
      good luck!

  6. Assalamualaikum… mbak destiana salam kenal ya… aku mau ikut tes schlumberger hari minggu besok (13-4-2014), nah kira2 biar bisa lolos tes yang pertama itu apa yah? apa yang harus aku persiapkan biar jawabnya mantep.. Mohon infonya terima kasih🙂..

      • Iya mba… tapi sayang ga lolos karena jurusannya… tp Alhamdulillah sih bisa ikut tes.. soalnya ada teman yang satu jurusan sedari screening data udah ga lolos.. tesnya seru seru bgt🙂

  7. aduh saya gagal di interview HR mas gak tahu apa yg bikin saya gagal, tapi pas pertanyaan terakhir saya ditanya bisa renang g dan bisa nyetir g? jujur saya gak bisa dua-duanya. huhu

    • Oups.. iya dua hal itu lumayan krusial juga. walopun cuma dikit2, saya bisa renang dan nyetir..

      Tapi seharusnya sih itu bukan terlalu jadi soal ya.. meski sebenarnya penting untuk survival misal dalam keadaan darurat.

    • Saya di Well Intervention, Coiled Tubing service. Itu dulu ditanyain pas wawancara HRD..tapi akirnya dimananya tergantung hasil wawancara user dan kebutuhan bisnis sih..hehe

  8. Halo Mba Desti, Mba ak lagi nunggu hasil dari MCU (dagdigdug).
    sekarang ak diassign untuk ME ALS, semisal lolos mcu kan tahapan berikutnya SIPP dan Field exposure program (FEP), itu penjabarannya kaya apa ya mba? apa ada penilaian dari supervisor gitu yang menentukan lolos atau ga dari FEP?
    makasih sebelumnya mba Desti.🙂

    • Woooow.. Welcome to the club!!
      selamat yaaah..kamu udah di gerbang dalam, tinggal selangkah lagi. semoga dilancarkan dan dimudah kan yaa..🙂

      SIPP itu cuma training aja kok, gampang. dikasih tahu work smart itu kayak apa. Nah pas FEP itu kamu bakal diliatin kayak apa aslinya kalo kerja di SLB. Kalo kamu masih ok dg SLB setelah ikut FEP, ya lanjut. Tapi kalo semisal kamunya nggak sanggup/nggak sesuai dg ekspektasi di awal, ya bisa mundur. okeeey… selamat yaaah!!

      • Halo. Mba Desti! Finally, ak lolos MCU..🙂
        Mba Des, berarti untuk fep itu sendiri murni keinginan kita untuk terus lanjut di slb atau sebenernya masih ada penilaian dari slb yg mungkin ngegagalin kita mba? Hehehe.. Just in case mba, karnea aku rasa khawatir sama fep.. Oia, terus terus mba.. Kalo mba desti fepnya dimana waktu itu mba?
        Makasiiii sebelumnya ya mba Desti😀

      • alhamdulillah lolos..semoga barokah yaa🙂 *ikut seneng
        seingetku dulu, fep sih mereka semacam minta feedback dari kita, penilaian dari kita. tapi tdk menutup kemungkinan lokasi tempat kita fep juga dimintai penilaian thdp kita. asal baik2 aja pas feb insya Allah aman laaah.. hehe
        aku dulu di Duri, Riau.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s